Sembunyikan Folder dengan FreeHideFolder

Berbekal kerisauan karena folder khusus berisi film2 dewasa yang aku sediakan buat pelanggan dewasa, ternyata bisa diakses juga oleh pelanggan anak-anak meskipun lokasinya sudah aku sembunyikan sedemikian rupa, akhirnya terpikirkan bagaimana caranya menyembunyikan folder tersebut dengan proteksi password. Akhirnya ketemu juga software gratis untuk menyembunyikan folder, yakni FreeHideFolder.

FreeHideFolder merupakan software untuk menyembunyikan folder yang 100% gratis, jadi tidak ada masalah dengan lisensi. Ukurannya pun cukup kecil. Jika kebanyakan software sejenis memproteksi folder tidak bisa dibuka selain dengan password tertentu, maka FHF ini menyembunyikan folder. Jadi user tidak tahu ada folder rahasia tersebut karena tidak terlihat, sehingga tidak penasaran untuk membukanya. Tertarik? Mari kita mulai sembunyikan folder rahasia kita dengan free hide folder.

1. Pertama-tama, tentu saja dapatkan installernya, jika belum punya silakan download FreeHideFolder. Kemudian instal dan jalankan program tersebut.

2. Pertama kali launching, program akan meminta pengaturan password untuk mengaksesnya.



Masukkan password dan ingat-ingat selalu karena dengan password ini anda dapat mengakses program.

3. Meskipun FreeHideFolder merupakan freeware yang bisa digunakan bebas tanpa batas, anda akan ditawari untuk memberikan donasi. Jika memang tidak mau memberikan donasi, cukup klik skip dan anda tetap bebas menggunakan FHF.



4. Untuk memulai menyembunyikan folder, anda dapat menambahkan folder yang akan disembunyikan dengan cara klik menu File > Add to List atau langsung saja klik tombol Add pada menu ikon. Pilih letak foldernya, OK.

5. Folder otomatis terkunci, dan tidak bisa dilihat dengan Windows Explorer. Namun jika kita tahu path-nya, bisa langsung diketik di address bar windows explorer.

6. Untuk menampilkan folder tersebut lagi, masuk ke FHF, pilih foldernya, kemudian klik ikon Unhide.



7. Dengan cara ini, insyaallah folder rahasia anda aman dari akses oleh tangan-tangan yang tidak berhak.

Yang terkadang menjadi masalah, bila suatu saat kita lupa password atau karena sebab tertentu folder yang kita sembunyikan rusak atau hilang (beberapa kali saya alami, mungkin ada hubungannya dengan deepfreeze), bagaimana mengakses isi folder tersebut?

1. Jika folder masih bisa diakses dengan mengetikkan path-nya dari address bar windows explorer, kita tinggal kopi ke folder lain yang tidak disembunyikan.

2. Jika folder sudah sama sekali tidak bisa diakses, gunakan smadav antivirus lokal. Scan drive tempat lokasi folder disembunyikan, gunakan full scan. Pada hasil scan, cari di tab hidden, biasanya akan muncul folder |RECYCLE. Disitulah file kita tersimpan, tinggal kita kopi ke folder yang lain.
Share this article :
 

+ comments + 1 comments

December 15, 2011 at 8:20 AM

Hi, thanks makasih ya info nya.
Saya kesusahan untuk meng-unhide folder yg sudah terhide.. Dengan artikel ini bisa deh ngopi data di folder yg hide ke folder lagi....

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Bewegaleri Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger